Maandag 01 April 2013

Kota/kabupaten di Flores_Manggarai Barat/Labuan Bajo

Kabupaten Manggarai Barat, Yang Akrab Disapa Dengan Singkatan Mabar Ini Adalah Sebuah Kabupaten Yang Terletak Di Bagian Barat Pulau Flores, Didalam Wilayah Propinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Ibukota Kabupaten Manggarai Barat Ini Adalah Kota Labuan Bajo. Secara Geografis, Letak Kabupaten Manggarai Barat Berbatasan Langsung Dengan Kabupaten Manggarai. Kabupaten Manggarai Barat Merupakan Hasil Pemekaran Wilayah Administratif Kabupaten Manggarai, Melalui UU RI No. 8 Tahun 2003. Hasil Pemekaran Ini Menjadikan Wilayah Kabupaten Manggarai Barat Ini Sebagai Sebuah Wilayah Otonomi Dengan Nama Kabupaten Adalah Kabupaten Manggarai Barat.
 Akses Dari Dan Keluar Kabupaten Manggarai Barat, Dapat Terakomodir Melalui Jalur Pelabuhan laut Di Labuan Bajo, Yang Menyediakan Banyak Jasa Traveling Termasuk Melayani Penyebrangan Dari Pulau Flores Ke Bima. Sedangkan Akses Transportasi Udara Dari Dan Keluar Wilayah Manggarai Barat Dapat Menggunakan Bandar Udara Komodo Yang Telah Dapat Disinggahi Oleh Pesawat Sedang Berjenis Fokker 28. Manggarai Barat Seperti Juga Kawasan lain Di Pulau Flores Seperti Manggarai, Manggarai Timur,  Kabupaten Sikka, Kabupaten Ngada, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ende, Kabupaten Nagekeo, Dan Kabupaten Flores Timur, Menyimpan Banyak Ragam Kebudayaan NTT (Nusa Tenggara Timur) Yang Belum Terekspos Secara Gamblang.



 Kabupaten Manggarai Barat Memiliki Sebuah Keunikan Khas Yang Sangat Mendunia. Taman Nasional Komodo Yang Berada Didalam Wilayah Administratif Manggarai Barat. Satwa Yang Memiliki Nama Latin Varanus Komodoensis Ini Adalah Sejenis Reptil Raksasa Yang Hanya Memiliki Habitat Aslinya Di Taman Nasional Komodo. Cagar Biosfer Yang Terdapat Di Kabupaten Manggarai Barat Dengan Luas Lahan 173.000 Hektar Ini, Tidak Saja Menjadi Hunian Satwa Langka Komodo Yang Dalam Bahasa Lokal Setempat Dikenal Dengan Nama Ora, Namun Juga Adalah Habitat Biota Laut, Flora Dan Fauna Lainnya Yang Tak kalah Menarik, Seperti Babi Hutan, Anjing Hutan, Kuda Liar, Penyu, Berbagai Macam Ular Dan Burung, Lumba-Lumba, Ikan Paus Dan Rusa Yang Sekaligus Merupakan Santapan Utama Komodo Didalam Ekosistem Alami Rantai Makanan Komodo.
 Taman Nasional Komodo Yang Meliputi Pulau Komodo (33.937 Hektar), Pulau Rinca (19.625 Hektar), Dan Pulau Padar (2.017 Hektar), Serta Pulau-Pulau Kecil Di Sekitarnya Yang Berada Didalam Wilayah Administratif Kabupaten Manggarai Barat. Tidak Dapat Dipungkiri Bahwa Daya Tarik Wisata Yang Ada Di Kabupaten Manggarai Barat Ini Adalah Sumber Devisa Dan Pendapatan Yang Menjanjikan Bagi Kabupaten Manggarai Barat. Terlebih Lagi Dengan Semakin Dikenalnya Komodo Di Mancanegara Melalui Ajang Mencari 7 Keajaiban Alam Dunia Yang Baru New7Wonders, Yang Tentu Saja Secara Tidak langsung Adalah Bentuk Lain Sebuah Promosi Wisata Bagi Taman Nasional Komodo Di Kabupaten Manggarai Barat.

  Potensi Wisata Lainnya Yang Tak Kalah Menarik Di Kabupaten Manggarai Barat Ini Adalah Kawasan Hutan Mbeliling, Sano Nggoang, Dan Nggorang Bowosie. Hamparan Hutan Heterogen Yang Membujur Dari Timur Ke Selatan Hingga Ke Garis Pantainya, Di Dalam Areal Yang Memiliki Luas Areal Kurang Lebih 184 Km2 Ini. Hutan Mbeliling Adalah Juga Sebuah Suaka Margasatwa Yang Penting Bagi Kehidupan Liar Hewan-Hewan Endemik Khas Flores. Lereng Dan Punggung Gunung Mbeliling Ditumbuhi Hutan Yang Adalah Merupakan Habitat Terbaik Bagi Burung-Burung Endemik Flores, Termasuk Kehicap Flores, Serindit Flores, Gagak Flores, Dan Kancilan Flores, Pergang Punggung Hitam, Sikaton Ayun, Dan Kepodang Sungu Sumba Juga Hidup Bebas Di Sana. Terdapat Juga Sebuah Danau, Yaitu Danau Sano Nggoang Yang Memiliki Luas Kurang Lebih 3 Km2 Ini Adalah Danau Terbesar Yang Ada Di Flores. Aneka Jenis Burung Burung Langka, Camar Laut, Dan Burung Migran Langka Undon Kacimati, Bisa Dijumpai Di Sekitar Danau Sano Nggoang.

  Wilayah Kabupaten Manggarai Barat Secara Astronomis Terletak Diantara 08° 14'Lintang Utara - 8° 30' Lintang Selatan Dan 119° 30' Bujur Timur - 120° 30' Bujur Timur.
 Batas-Batas Wilayah Kabupaten Manggarai Barat Adalah Sebagai Berikut :
 - Batas Sebelah Utara Manggarai Barat : Laut Flores
 - Batas Sebelah Timur Manggarai Barat : Kabupaten Manggarai
 - Batas Sebelah Selatan Manggarai Barat : Laut Sawu
 - Batas Sebelah Barat Manggarai Barat : Selat Sape

  Kabupaten Manggarai Barat Secara Administratif Terdiri Dari 7 Kecamatan Yang Terdiri Dari 116 Desa Dan 5 Kelurahan. Kabupaten Manggarai Barat Memiliki Luas Wilayah 9.450,00 Km2 Dengan Luas Daratan Adalah 2.947,50 Km2 Dan Luas Perairan Adalah 6.052,50 Km2. Wilayah Kabupaten Manggarai Barat Ini Memiliki Beberapa Pulau Besar Didalamnya Seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Mules, Pulau Longos, Serta Pulau-Pulau Kecil Lainnya. Kecamatan Yang Ada Didalam Wilayah Kabupaten Manggarai Barat Adalah :
 1. Kecamatan Komodo Dengan Ibukota Kecamatan Labuan Bajo.
 2. Kecamatan Boleng Dengan Ibukota Kecamatan Terang.
 3. Kecamatan Sano Nggoang Dengan Ibukota Kecamatan Werang.
 4. Kecamatan Lembor Dengan Ibukota Kecamatan Wae Nakeng.
 5. Kecamatan Welak Dengan Ibukota Kecamatan Orong.
 6. Kecamatan Kuwus Dengan Ibukota Kecamatan Golowelu.
 7. Kecamatan Macang Pacar Dengan Ibukota Kecamatan Bari.

  Jenis Tanah Yang Terdapat Di Kabupaten Manggarai Barat Antara Lain Jenis Tanah Mediteran, Tanah Latosol, Tanah Litosol, Basah Menengah (Intermediate Basic), Neogen, Trumbu Koral, Silicic Evusives. Sedangkan Ragan Jenis Bebatuan Di Manggarai Barat Terdiri Dari Batuan Intrusi Granodiorit, Batuan Marl Dan Tuff, Batuan Andesit. Potensi Tambang Yang Diperkirakan Terdapat Di Kabupaten Manggarai Barat Adalah Gibs, Marmer, Tembaga, Emas, Silika, Barit, Mangan, Belerang, Besi, Batu Apung, Dan Batu Kapur Yang Tersebar Di Beberapa Kecamatan.

  Daftar Pulau Yang Berada Di Wilayah Kabupaten Manggarai Barat Adalah :
  1. Pulau Mules
  2. Pulau Longos
  3. Pulau Komodo
  4. Pulau Gilibodo
  5. Pulau Langka
  6. Pulau Tala
  7. Pulau Logo
  8. Pulau Punya
  9. Pulau Kelor
 10. Pulau Gilibugis
 11. Pulau Gililawa Darat
 12. Pulau Gililawa Laut
 13. Pulau Kecil
 14. Pulau Besar
 15. Pulau Pilar
 16. Pulau Serai
 17. Pulau Kode
 18. Pulau Rinca
 19. Pulau Gilimotang
 20. Pulau Baleh
 21. Pulau Muang
 22. Pulau Nusarohbong
 23. Pulau Wainelu
 24. Pulau Pengah Kecil
 25. Pulau Pengah Besar
 26. Pulau Papagaran Besar
 27. Pulau Papagaran Kecil
 28. Pulau Pungu Besar
 29. Pulau Pungu Kecil
 30. Pulau Mangiatan
 31. Pulau Tatawa
 32. Pulau Siaba Besar
 33. Pulau Sebayur Besar
 34. Pulau Sebayur Kecil
 35. Pulau Suleman
 36. Pulau Kanawa
 37. Pulau Situri
 38. Pulau Bajo
 39. Pulau Kelapa
 40. Pulau Tobolon
 41. Pulau Kukusan
 42. Pulau Seraja Besar
 43. Pulau Seraja kecil
 44. Pulau Sebolan Besar
 45. Pulau Sebolan Kecil
 46. Pulau Bidadari

  Tarian Caci Adalah Sebuah Tarian Tradisional NTT, Yang Berasal Dari Daerah Manggarai Barat. Tarian Rakyat Tradisional Ini Sebagai Tanda Ucapan Syukur Dan Terima Kasih Atas Keberhasilan Di Medan Laga Dengan Adu Kekuatan Saling Mencambuk Menggunakan Cambuk Dari Kulit Ekor Kerbau. Tarian Ini Dapat Dipentaskan Sewaktu-Waktu Di Lokasi Pantai Pede, Labuan Bajo.

 TARI CACI

 Tarian NTT, Tari Caci

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking